Inner Power Pencak Silat Salam

Inner Power Pencak Silat Salam

Dunia pencak silat memang terus berkembang sejak zaman dahulu, hingga kini komunitas dan organisasi pencak silat pun semakin bertambah banyak seiring perkembangan pencak silat itu sendiri. Di Kota Medan sendiri terdapat banyak perguruan pencak silat, salah satunya adalah perguruan atau komunitas Pencak Silat Salam. Di Medan, komunitas ini sudah ada sekitar tahun 1980-an yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Medan, serta banyak mengikutsertakan sebagai instruktur pelatihan di berbagai sekolah di Medan. Perguruan Pencak Silat Salam berlokasi di Kantor Dinas PU (Pekerjaan Umum) Jalan Sakti Lubis, tepatnya arah menuju Pajak Simpang Limun Medan. Latihan rutin diadakan setiap Selasa malam dan Minggu pagi pukul 07.00 WIB.

Pencak Silat Salam mendidik para anggotanya yang tergabung mulai dari usia Sekolah Dasar sampai dengan remaja yang dibedakan berdasarkan tingkatannya. Bukan hanya orang dewasa yang tertarik, justru anak-anak usia dini memang harus sudah dikenalkan dengan ilmu bela diri. Sejatinya, ilmu bela diri atau pencak silat bukanlah dipergunakan sebagai ajang gengsi dan unjuk kebolehan. Tapi akan lebih berguna sebagai perisai pertahanan diri dikala terhimpit oleh keadaan berbahaya. Walaupun dewasa ini banyak orang tua yang sudah mendidik anaknya melalui ekstrakulikuler bela diri.

Jika ada yang bertanya tentang kegunaan dan manfaat mengikuti Pencak Silat Salam, sudah pasti ada manfaatnya. “Pencak Silat Salam meruapakan sarana muda-mudi untuk meraih kesuksesan dan cita-cita, selain itu juga menjaga kebugaran tubuh,” ungkap Ibu Rosdiana sebagai pelatih kepada tim Cerita Medan.

Pada dasarnya Pencak Silat Salam sama dengan pencak silat lainnya, tetapi ada yang membuatnya berbeda yaitu terdapat inner power di dalam pelatihannya. Dalam kegiatannya Pencak Silat Salam selalu mengandalkan latihan pernafasan, hal ini sangat diutamakan sehingga gerakannya tidak  hanya pukul tendang bagian tangan dan kaki saja.

Sementara itu, Pencak Silat Salam memiliki seragam tersendiri dalam berlatih yaitu celana hitam dan baju berwarna hitam dengan berbagai macam sabuk dengan simbol tumbuhan di belakang pakaiannya. Seragam tersebut memiliki filosofi tersendiri seperti celana hitam yang ditandakan sebagai negara Indonesia yang merupakan negara agraris dan terdapat petani di dalamnya sehingga celana warna hitam adalah menyerupai celana petani, sementara simbol tumbuhan mengartikan alam Indonesia yang terkembang di seluruh pelosok negeri.

Nah, berbicara mengenai tingkatan terdapat sabuk putih, sabuk kuning, sabuk hijau, sabuk biru dan terakhir sabuk merah untuk guru besar. Dalam setiap gerakan pun ada pengembangan tersendiri, tetapi pada Pencak Silat Salam tidak pernah kaku dan tidaklah pencak silat yang hanya terpaut pada budaya lama saja meski tidak ada jurus. Karena bela diri Merpati Putih selalu mengikuti modernisasi.

Inner Power Pencak Silat Salam

Dalam gerakannya, Pencak Silat Salam biasanya tidak menggunakan senjata walaupun boleh saja menggunakan senjata khusus yang dimiliki. Namun, senjata ataupun atribut lainnya digunakan hanya untuk latihan tertentu saja. Tak hanya pelajar, komunitas Pencak Silat Salam juga boleh diikuti oleh orang dari umum, Nah, bagi konkawan Cerita Medan yang ingin bergabung menjadi bagian dari Pencak Silat Salam, dapat mengunjungi lokasi latihan atau kantor Pencak Silat Salam, ya.***(CM-04/Chairunnisa)

KOMENTAR

BACA JUGA