IBX5A49C9BC313D6 Tampil Gaya dengan Jaket Bomber | Cerita Medan

Tampil Gaya dengan Jaket Bomber

Untuk anak muda kekinian, jaket bomber mulai kembali dikenal setelah dipakai Jokowi dan menjadi viral. Tapi taukah kamu, jika jaket bomber lebih dari sekadar jaket yang dibikin ngetren kembali oleh Presiden RI ini?

Pada awalnya jaket bomber dirancang sebagai jaket pilot militer pada Perang Dunia I. Saat itu, kokpit pesawat militer belum memiliki panel penutup seperti yang menjadi standar penerbangan saat ini. Akibatnya, pilot membutuhkan pelindung tubuh yang cukup tebal dan hangat guna melindunginya dari risiko gangguan tekanan dan temperatur udara saat terbang.

Untuk itu, dibuatlah desain jaket dengan  material tebal dan menutup rapat tubuh atas melalui tarikan resleting di bagian depan. Pihak yang pertama kali memperkenalkan desain jaket bomber adalah Angkatan Udara Amerika Serikat. Julukan jaket bomber sendiri merujuk pada kata bombardier alias bombardir yang menjadi tugas utama pesawat militer ketika terbang, membom musuh dari udara.

Dulu, luaran ini identik dengan seragam penerbangan. Namun sekarang, jaket bomber menjelma menjadi sebuah opsi busana klasik yang mampu mendongkrak penampilan pria menjadi lebih bergaya. Tak ayal, berbagai desainer dan label mode pun berbondong menghadirkan inovasi pada jenis pakaian ini. Jaket jenis ini pun awalnya banyak dijadikan sebagai wardrobe di berbagai film, seperti Top Gun yang diperankan oleh Tom Cruise pada tahun 1980-an. Selain itu, Ewan McGregor pun mengenakan jaket ini pada film Renton, yang berkisah tentang latar budaya skinhead di masyarakat urban Inggris.

Sempat ada jeda waktu selama satu dekade lebih ketika jaket bomber tidak lagi diminati masyarakat. Baru ketika diolah oleh tangan jenius Kim Jones untuk koleksi lini pria Louis Vuitton (spring/summer 2012), jaket bomber kembali mendapat respon pasar yang sangat positif. Sejak itu, Louis Vuitton pun selalu memasukkan unsur jaket bomber  di setiap koleksi lini pakaian pria lansirannya. Lama kelamaan, berbagai rumah mode lainnya pun turut memasukkan hal serupa pada koleksi pakaian prianya, seperti jaket bomber lansiran Burberrry dan Valentino misalnya.

Nah, jaket yang kini menjadi bagian dari dunia mode ini, nyatanya mampu memberikan hasil penampilan yang enggak kalah modis. Tentunya dengan cara memadu-padankan jaket ke dalam gaya sehari-hari, seperti berikut.

1.Tampilan Kasual

Untuk kesempatan bernuansa kasual, jaket bomber dengan bahan ringan, seperti katun, parasut, dan neoprene adalah pilihan yang tepat. Akan lebih menarik jika ditambah dengan padanan motif yang unik, seperti motif geometris, garis, dan sebagainya. Dengan perpaduan ini, gayamu akan terlihat lebih santai tapi tetap terkesan tegas.

2. Tampilan dalam Perjalanan

Untuk kamu yang doyan travelling sampai ke luar negeri, jaket berbahan tebal, seperti bahan wol dan nylon, dapat dimaksimalkan untuk menemani perjalanan kamu. Apalagi jika berpergian ke daerah yang dingin atau berangin kencang, jaket dari kedua bahan tersebut mampu memberikan kehangatan yang cukup bagi tubuh. Jadi, kamu tetap mampu tampil gaya tanpa harus mengganggu kondisi badan selama perjalanan.

3. Tampilan Profesional

Selain untuk menciptakan penampilan santai, jaket bomber juga dapat dikenakan untuk menciptakan tampilan profesional. Material terbaik untuk gaya ini adalah bahan parasut ringan yang dipadukan dengan kemeja bermotif kecil dan celana chino berwarna gelap. Celana denim juga sebenarnya bisa berpadu secara apik dengan jaket bomber, namun khusus hanya untuk yang berpotongan skinny dan berwarna gelap.

Walaupun fashion jenis ini termasuk dalam gaya jaman dulu. Namun, dengan memadu-padankan jaket bomber dan item lainnya, yang sesuai dan pas akan mampu menghasilkan gaya yang enggak kalah trendi dengan gaya kekinian.   ***(E-04/Dana Anjani)

KOMENTAR

BACA JUGA