Saatnya Cowok Punya Kulit Sehat

foto: cantiknsehat.com

Kota Medan yang saban hari makin ramai dengan kendaraan, memastikan bahwa jalanan adalah tempat yang tidak bersahabat bagi kesehatan, terutama bagi kulit wajah. Di saat udara mulai dipenuhi dengan polusi, memiliki kulit sehat pun kini mulai menjadi hal yang lumayan sulit. Berbagai perawatan pun juga dilakukan oleh para kaum pria guna mendapatkan penampilan yang maksimal. Namun, nyatanya, memiliki kulit yang sehat tidaklah sesulit yang dipikirkan. Kamu bisa melakukan hal-hal yang kelihatannya remeh tapi malah bisa membuat kulitmu sehat.

Menghindari Stres

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health di Amerika menemukan bahwa stres dapat memicu kehadiran jerawat di kulit. Hal ini terjadi karena pada saat stres, kulit cenderung lebih banyak memproduksi sebum dan sel kulit mati. Dan ketika sebum  yang bercampur dengan debu, kotoran, dan keringat menyumbat pori-pori maka terbentuklah jerawat. Nah, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar terbebas dari stres.

Sebagian orang beranggapan bahwa makan adalah cara terbaik untuk mengatasinya. Boleh saja, dengan catatan kamu memilih makanan yang tepat. Misalnya kacangan-kacangan seperti almond yang kaya akan magnesium. Senyawa ini dipercaya dapat meningkatkan mood. Cara lain yang tak kalah menyenangkan? Duduk santai dengan sahabat-sahabatmu sambil berbagi cerita dan hobi.

Jangan Malas

Untuk memiliki kulit yang sehat, menggunakan produk perawatan yang bagus dan mahal tidak akan memberikan hasil, jika kamu masih malas untuk membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas. Kamu pun perlu membersihkannya secara rutin, agar kulit wajah bisa terhindar dari debu penyebab kulit kusam. Mencuci muka tak cukup dilakukan hanya di pagi hari saat kamu akan memulai aktivitas saja. Lakukan juga di malam hari atau setelah aktivitas harian selesai.

foto: alodokter.com

Hindari Rokok

Percayalah bahwa kulit nonperokok jauh lebih sehat dibanding dengan mereka yang perokok. Hasil dari berbagai penelitian di seluruh dunia menyatakan bahwa rokok merangsang penuaan dini, keriput, dan kulit kusam. Merokok juga memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah yang secara tak langsung juga memengaruhi kemampuan kulit dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkannya termasuk oksigen.

Makanan Bergizi Bagi Kulit

Saat kamu menyantap makanan, ingatlah bahwa tak semua makanan lezat baik untuk tubuh termasuk untuk kesehatan kulit. Para ahli juga yakin bahwa junk food dapat mengundang kehadiran jerawat. Malah, sayangnya, beberapa makanan yang selama ini kamu pikir harus dihindari, ternyata justru mendatangkan kebaikan bagi kulit. Misalnya, kacang-kacangan. Banyak orang berpikir kacang-kacangan akan menimbulkan jerawat. Faktanya, vitamin E yang terdapat pada almond adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan kulit. Selain itu, konsumsilah sayuran dan buah-buahan. Dua jenis makanan ini memberikan dampak yang baik bagi kulit.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Kerusakan terparah pada kulit yang bisa menjadi mimpi buruk bagi semua orang adalah kanker kulit, termasuk bagi para cowok yang punya segudang kegiatan di luar ruangan. Jika kamu terus membiarkan diri terekspos matahari dengan berlebihan, maka jangan kaget jika suatu hari nanti, hal itu terjadi pada dirimu. Kalau memang tak terlalu penting, lebih baik habiskan waktumu di dalam ruangan saat matahari bersinar terik. Kalau tak memungkinkan, gunakan sunblock dengan kadar SPF yang sesuai. Menutup diri dengan topi dan pakaian akan membantu memaksimalkan usahamu untuk melindungi diri.

Tenang saja, protektif terhadap kulit tidak menurunkan tingkat kejantanan seorang cowok, kok. Malah, kamu akan tampil lebih gemilang dan memukau dengan kulit yang sehat. ***(Dana Anjani)

 

KOMENTAR

BACA JUGA