Pasmanda Gelar Derap Paskibra ke 13

 

 

 

Dalam rangka melaksanakan program kerja tahunan, MAN 2 Model Medan mengadakan Derap Paskibra yang dimulai sejak tanggal 26-28 Desember 2016 di halaman Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Acara ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB-17.00 WIB. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang sudah dilakukan sebanyak 13 kali. Pada awal pembukaan acara pada hari Senin, tanggal 26 Desember 2016 kegiatan Derap Paskibra ini dibuka langsung oleh ketua DPRD Sumatera Utara.

Acara ini diikuti oleh 21 Sekolah Menengah Atas yang  ada di Sumatera Utara, yang ikut unjuk gigi dalam acara paskibra ini, diantaranya SMA Dharma Patra Pangkalan Brandan, SMA Negeri 6 Binjai, SMA Muhammadiyah 3 Medan, SMA Negeri 1 Tanjung Morawa, SMA Nusantara Lubuk Pakam, SMA Negeri 1 Subulus Salam, SMa Negeri 1 Binjai, MAN Binjai, SMA Negeri 11Medan, SMK ERIA dan beberapa SMA/SMK lain yang berdomisili di Sumatera Utara. Sedangkan dari tingkat SMP diikuti oleh 11 peserta dari SMP Dharma Pancasila A & B, SMP Muhanmadiyah 3 Medan,  SMP Nur Ihsan Medan, SMP Negeri 13 Medan, MTS Azzudin, MTS Swasta Amin Darussalam, SMPN 27 Medan, SMPN 12 Medan, SMP Islam Al-Ulum, SMP Al-Washliyah 1 Medan, dan MTS YPI Batang Kuis.
Perlombaan yang diadakan setiap tahunnya ini memperebutkan piala bergilir dari ketua DPRD Tingkat 1 Sumatera Utara bagi siswa tingat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Piala Bergilir Bupati Deli Serdang Derap Paskibra bagi Siswa Menengah Pertama (SMP).  Perlombaan bagi siswa tingkat SMA, meliputi napak tilas, formasi, LKBB dan variasi formasi. Sedangkan untuk siswa tingkat SMP terdapat perlombaan LCTP (Lomba Cepat Tanggap Paskibra), lomba penaikan bendera, dan tari komando.
Acara perlombaan paskibra ini dilatarbelakangi atas visi dari tim PASMANDA ,yaitu agar terjalinnya silaturrahmi yang baik antar tim pasukan pengibar bendera (PASKIBRA) di setiap sekolah di Sumatera Utara. Acara derap paskibra pada tahun ini merupakan perayaan ke 13 yang dilaksanakan oleh tim paskibra MAN 2 Model Medan.
Ryan kurniawan, selaku ketua panitia sekaligus merangkap sebagai wakil komandan PASMANDA (Pasukan Bendera MAN Dua) memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang terselenggara karena adanya kerjasama antar pasukan tim PASMANDA dengan anggota TNI, yang pada kegiatan ini juga ikut berkontribusi dalam menjadi juri, serta ketua DPRD dan Deli Serdang yang ikut membantu dalam donasi pembiayaan segala kegiatan yang dilakukan oleh PASMANDA.
Ryan juga menjelaskan bahwa pada kegiatan ini para peserta dibimbing dan diajarkan untuk dapat bersikap disiplin dengan mengikuti setiap peraturan yang sudah ditentukan oleh tim PASMANDA. Selain dimeriahkan dengan berbagai perlombaan, kegiatan Derap Paskibra ini juga diisi dengan kegiatan yang dapat menjalin keakraban setelah seharian mereka mengadakan perlombaan, seperti kumpul bareng mendengarkan stand up comedy yang sengaja disediakan oleh tim PASMANDA, Battle Dance, serta bernyanyi bersama di lapangan basket MAN 2 Model Medan.
Dalam kegiatan ini, PASMANDA juga merangkul para alumni dan sesepuh yang pernah berkontribusi di PASMANDA selama mereka bersekolah di MAN 2 Model Medan. Perlombaan Derap Paskibra ini dinilai oleh dewan juri yang berasal dari TNI, yaitu Serda Erdi Siregar dan Serka Heriyandi Siko selaku juri pada perlombaan Formasi, LKBB, dan Variasi Formasi. Ryan pun mengungkapkan harapannya dan juga harapan semua orang yang terlibat, untuk nantinya, event ini mampu menjadi pembentuk tiap orang guna membangkitkan bangsa. “Diharapkan setelah adanya acara ini agar setiap anggota Paskibra di manapun mereka berada dapat menjadi generasi pancasila yang dapat membangkitkan bangsa pada masa depan,” ucap Ryan. ***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

KOMENTAR

BACA JUGA