Nikmati Sensasi Akhir Tahun Mandi Air Panas Sidebuk-Debuk, Berastagi

Nikmati Sensasi Akhir Tahun Berendam Air Panas Sidebuk-Debuk, Berastagi

Sidebuk-debuk merupakan wisata pemandian alam yang terletak di bawah kaki Gunung Sibayak, sangat disayangkan apabila warga Sumatera Utara belum pernah berkunjung ke tempat ini. Pemandian alam air panas Sidebuk-debuk berada di kawasan Desa Sidebuk-debuk, sebelah selatan Gunung Sibayak. Berjarak sekitar 30 menit sebelum sampai di Berastagi. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam, perjalanan menggunakan sepeda motor dengan kecepatan 60 km/ jam dari Medan menuju pemandian air panas Sidebuk-debuk, jarak tempuh sekitar 58 km. Jika dari Medan, simpang menuju pemandian Sidebuk-debuk ada di sebelah kanan dari sisi jalan, tidak sulit mencarinya karena terdapat pamplet yang bertuliskan “Hot Spring, Sidebuk-debuk.”

Pemandian alam bersumber dari mata air panas di bawah kaki Gunung Sibayak ini selalu ramai dipadati kalangan tua maupun muda. Pada hari biasa, Sidebuk-debuk ramai dikunjungi saat tengah malam, sekitar pukul 20.00 WIB ke atas. Hal tersebut dikarenakan cuaca malam hari di Sidebuk-debuk yang sangat dingin, ketika menenggelamkan sebagaian tubuh ke dalam kolam air panas, maka dinginnya angin akan diimbangi dengan hangatnya air panas. Bukan berarti sensasi berendam di kolam air panas Sidebuk-debuk berkurang di pagi hari. Justru, saat pagi hari sudah berendam, saat selesai memanjakan tubuh di kolam air panas, Anda masih punya banyak waktu untuk berkeliling wisata lainnya di kawasan Berastagi.

Jika sudah sampai di Desa Sidebuk-debuk, sepanjang perjalanan, kalian akan disuguhkan pemandangan indah Gunung Sibayak dan hamparan tanaman sayur dan buah hijau milik warga setempat. Hal yang tidak bisa didapat ketika di Medan. Melihat hijaunya sayuran dan buah, bahkan menimbulkan rasa ingin memetik langsung dari kebun.

Jika Anda melihat ada beberapa lelaki dewasa menyetop dan meminta uang retrebusi sebesar Rp. 4.000/ orang, pertanda bahwa Anda sudah mendekati kawasan pemandian air panas Sidebuk-debuk. Anak-anak juga termasuk ke dalam hitungan retrebusi tersebut. Biaya ini belum termasuk biaya masuk ke pemandian Sidebuk-debuk. Biaya masuk pemandian Sidebuk-debuk berbeda-beda di setiap tempat, tergantung lokasi pemandian air panas mana Anda menurunkan gas kendaraan. Banyaknya lokasi pemandian air panas, bukti bahwa mata air panas di selatan Gunung Sibayak menjadi aset berharga untuk warga sekitar serta membuka lapangan pekerjaan. Masing-masing tempat menyediakan fasilitas berbeda tergantung patokan harga, namun tempat pemandian air panas yang tenar ditelinga masyarakat yaitu “Pemandian Air Panas Pariban”.

Cukup masuk dengan merogoh kocek Rp. 10.000/ orang, Anda sudah bisa merileksasikan badan di dalam hangatnya kolam air panas, dihadapkan dengan pemandangan alam Gunung Sibayak dan sejuknya suasana alam nikmat suasana berlibur di kolam air panas Sidebuk-debuk.

Nikmati Sensasi Akhir Tahun Berendam Air Panas Sidebuk-Debuk, Berastagi

Banyak fasilitas yang terdapat di dalam pemandian Air Panas Pariban, tersedia pondok untuk berteduh dan meletakkan barang-barang. Terdapat juga kolam air dingin dilengkapi dengan seluncuran Water Boom. Ada kolam ikan, diisi dengan ribuan ikan mas besar dan koi warna-warni. Bukan hanya itu, untuk menambah hiburan mata, ada juga kelinci-kelinci lucu di atas lokasi kolam ikan. Baik ikan maupun kelinci, saat melihat manusia pasti hewan-hewan tersebut akan menghampiri dan berkumpul. Apalagi jika menunggu lemparan camilan untuk mereka. Tentunya bagi Anda yang membawa anak-anak, mereka akan senang. Sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata di penghujung tahun 2016 ini.

Bagi Anda yang suka tantangan, menguji kemampuan berkendara di atas jalur berlumpur dan tidak stabil, terdapat juga ATV. Cukup merogoh kocek Rp. 25.000 untuk 2 kali putaran arena. Akan menjadi liburan menyenangkan diakhir tahun bersama keluarga dan orang tersayang.***(CM-04/Chairunnisa)

KOMENTAR

BACA JUGA