Fakta dan Mitos tentang Fenomena Salah Bantal

Fakta dan Mitos tentang Fenomena Salah Bantal

Segala kejadian yang kita alami selama di dunia ini memiliki fakta atau mitos yang harus kita ketahui. Agar tidak ada kesalahpahaman yang dapat merubah bahkan merusak pola pikir kita. Saat ini terlalu banyak hal rancu yang membuat diri kita semakin tindak kondusif, ada beberapa hal yang kita anggap mitos ternyata itu fakta yang sebenarnya, begitu juga sebaliknya. Pasti semuanya pernah mengalami yang namanya salah bantal. Sebenarnya nggak akan ada yang namanya salah bantal. Semua yang kita rasakan saat bangun tidur, seperti tegang di leher atau pegal-pegal bukan semata karena salah bantal, tapi karena kita yang salah memosisikan tidur kita sehingga menyebabkan badan kita menjadi terasa sakit.

Nah, kalau secara logika maksud untuk menjemur bantal itu adalah untuk menghindari terjadinya salah bantal lagi ketika tidur. Karena bantal yang lama tak dijemur, maka akan terasa kaku dan keras. Untuk itu, beberapa orang menganjurkan orang yang salah bantal untuk menjemur bantal. Bukan untuk mengobati yang tengah mengalami salah bantal, tapi untuk menghindari terjadinya salah bantal lagi. Bantal yang sering dijemur akan menghilangkan kuman-kuman yang ada pada bantal kita. Jadi, dapat menciptaklan rasa nyaman pada bantal yang kita gunakan nantinya.

Secara logika dan menurut ilmu kedokteran, jika kita mengalami sakit di leher atau sakit di badan kita dapat mengatasinya dengan beberapa hal simple yang dapat kita atasi tanpa harus ke dokter. Apa sajakah hal tersebut? Yuk, kita bahas.

Mengompres Leher dengan Air Hangat

Pasti sangat terganggu kalau kita mengalami tegang di leher karena posisi tidur yang salah, nah langsung saja ambil handuk dan air hangat kemudian kompreskan ke leher Anda. Cara ini tentu dapat mengurangi rasa sakit di leher Anda secara perlahan. Selain dengan mengompres, Anda juga bisa mengatasinya dengan mandi menggunakan air hangat, tentunya lebih mengarahkan air hangat ke leher yang sakit sambil sedikit dipijat untuk merasakan sensasi agar tegang sedikitr teratasi.

Gerakkan Kepala Secara Melingkar

Saat air hangat tengah mengenai leher kita, maka cobalah untuk mengerakkan leher secara perlahan. Ke atas, ke bawah, ke kanan, dan ke kiri. Cara ini merupakan lanjutan dari cara pertama. Ingat, lakukan secara perlahan. Jangan terlalu kencang yang dapat berakibat fatal pada nyeri yang timbul nantinya.

Tidur dengan Berbantalkan Handuk Gulung

Setelah mandi/ mengompres leher dengan air hangat, kamu bisa melanjutkan dengan cara tidur dengan berbantalkan handuk gulung. Gulung handuk menjadi gulungan yang dapat menyokong leher kita sehingga membuat leher terasa nyaman.

Mintalah Seseorang untuk Memijat Lehermu

Nah, kalau ketiga cara di atas juga belum mampu menyembuhkan rasa nyeri dan kaku di lehermu, kamu bisa menggunakan cara yang keempat ini. Pastinya minta kepada orang yang benar-benar mengerti bagaimana harus memijat dengan benar. Karena jika pijatannya salah, maka kamu akan lebih tersiksa dengan sakit yang diakibatkan nantinya. Namun, buat kamu yang nggak suka dipijat atau merasa geli dipijat, berarti kamu harus memnaksimalkan penyembuhan dengan cara lain selain cara yang terakhir ini.

Yang harus diingat itu bahwa kebersihan dan kenyamana bantal adalah hal yang paling utama dalam mendapatkan dan menghindari dirimu dari nyeri atau kaku di leher.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

KOMENTAR

BACA JUGA