IBX5A49C9BC313D6 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bermain Games | Cerita Medan

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bermain Games

foto: ensiklopedia indonesia

Pada kenyataannya, tidak dapat kita pungkiri bahwa bermain games merupakan salah satu hal yang susah untuk dijauhi dan ditinggalkan. Apalagi bagi para gamers sejati, yang menjadikan games sebagai kegiatan rutin setiap harinya. Sejauh ini banyak para ahli yang menyatakan bahwa terlalu sering bermain games akan berimbas kepada hal negatif, seperti merusak pengelihatan mata dan pusing karena terlalu lama berhadapan dengan layar komputer atau handphone.

Selain dampak yang dianggap mampu mengganggu kesehatan, bermain games ternyata memiliki sisi positif yang bermanfaat bagi para pemain games. Games yang dibahas disini bukan hanya games modern menggunakan electronic device, melainkan games tradisional yang juga tak kalah memiliki banyak manfaat. Manfaat ini pun didapat dengan adanya penggunaan waktu yang teratur dan tidak mengganggu kegiatan penting lainnya. Nah, jika selama ini lebih banyak orang membicarakan tentang sisi negatif permainan, maka kali ini, kamu pun perlu tahu tentang sisi positif dari bermain games.

1. Mengurangi Stres

Biasanya, stres adalah alasan utama kenapa seseorang memilih untuk bermain games. Hal ini terbukti dengan perasaan santai yang muncul ketika bermain. Ada saat dimana pikiran akan melupakan sejenak masalah yang dimiliki. Pada dasarnya, stres tidak hanya terjadi para orang dewasa saja, anak-anak pun dapat mengidap stres akibat dari tuntutan dan tekanan belajar dari berbagai pihak. Jadi, tidak heran jika kita sering melihat pemain games itu banyak dari kalangan anak-anak juga.

2. Membantu Proses Pembelajaran

Semakin berkembang pesatnya kemajuan dalam bidang teknologi, maka secara perlahan pembelajaran dengan metode tradisional pun mulai ditinggalkan dan terlupakan oleh para tenaga pengajar. Para guru saat ini pun sudah dituntut untuk mengerti tentang teknologi atau tidak gagap teknologi (gaptek).

Dengan menggunakan games, guru dapat melakukan pembelajaran agar tidak terkesan membosankan bagi peserta didiknya. Dari games itu sendiri, guru dapat menjelaskan beberapa sikap yang dapat diambil contoh sebagai suri tauladan dalam kehidupan nyata. Apalagi games sekarang juga sudah ada games edukasi, yang menambah wawasan bagi para pemainnya. Seperti tebak kata, teka-teki dan cerdas cermat. Tentunya games edukasi diharapkan dapat mengurangi tekanan belajar yang dirasakan anak. Dengan metode ini pula lah anak-anak akan lebih mudah mengingat pelajaran yang didapatnya.

3. Interaksi Sosial

Banyak orang yang mengganggap bahwa orang yang sibuk bermain games biasanya tidak suka keramaian dan terkesan menyendiri. Ternyata hal ini salah, pada prakteknya, bermain games dapat menciptakan sebuah interaksi sosial yang baik, lho. Sebagai bukti, bahwa saat ini banyak games yang meminta kita untuk meminta pertolongan bagi para games lain. Hal sederhana ini yang membuat kita mau tak mau untuk berinteraksi dengan para gamers lain agar mereka bersedia membantu mereka. Nah, apakah ini bukan interaksi? Walaupun bukan interaksi secara langsung, setidaknya dengan bermain games, hal ini juga dapat mengajarkan bagaimana memulai percakapan dengan orang yang baru kita kenal.

4. Meningkatkan Ketangkasan

Sebenarnya banyak olahraga yang dapat melatih ketangkasan tangan, salah satunya dengan bermain games ini. Tanpa disadari, semakin sering bermain games, maka semakin terlatih juga otot mata dan tangan dalam bermain games. Ketangkasan ini tentunya dapat membiasakan kita hidup gesit dalam kehidupan sehari-hari.

Selain ketangkasan otot mata dan tangan, bermain games juga dapat membuat para pemainnya mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat untuk dapat memenangkan permainan. Ketangkasan dan kegesitan dalam bermain games ini akan melatih para pemainnya untuk menjadi pribadi yang lebih mudah dalam mengambil solusi bagi masalah yang dihadapinya dalam dunia nyata.

5. Kerjasama dan Sportivitas

Dengan games, para gamers diajarkan untuk dapat bersikap sportif dalam memperoleh permainan sesungguhnya. Jika suatu permainan (games) yang menuntut untuk bermain secara tim, maka dibutuhkan kerjasama yang baik antara orang yang berada dalam satu tim tersebut untuk memperoleh tujuan yang sama, yaitu kemenangan. Melalui games, dapat ditanamkan bagaimana cara bekerjasama yang baik agar semua orang dalam kelompok dapat menjalankan perannya masing-masing. Nah, jikapun nanti tidak memperoleh kemenangan, tetapi setiap orang dalam kelompok sudah memperoleh pelajaran berharga dalam permainan, yaitu kerjasama. Dengan kerjasama akan memperkokoh pertahanan dan menghilangkan sifat egois di diri setiap anggota tim.

Nah, itulah kelima alasan yang bermanfaat bagi diri kita, guys. Bukan hanya games yang ada di layar gadgetmu atau laptop ya, tapi keseluruhan games.  Yuk, main games! ***(Cm-05/Dwi Andriani Lestari)

 

 

KOMENTAR

BACA JUGA