Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika di Titi Gantung Medan

Hal yang Bisa Kamu Lakukan Ketika di Titi Gantung Medan

Kamu anak Medan? Tentu tahu Titi Gantung, ‘kan? Pernah main-main ke Titi Gantung ini gak? Kalau pernah pasti kamu tahu kalau dulunya titi gantung ini menjadi sentral penjualan buku-buku, dari buku-buku sekolah sampai buku-buku fiksi. Nah, kalau kamu update tentang berita di Medan, pasti tahu kalau sekarang para penjual buku di titi gantung sudah banyak yang berpindah ke Jl. Pegadaian. Mereka dipindahkan/ direlokasi ke Jalan Pegadaian karena semakin banyaknya pedagang buku yang berjualan di sekitar titi gantung.

Titi gantung sudah berdiri sejak tahun tahun 1885 oleh Deli Spoorweg Maatschappij (DSM) bersamaan dengan stasiun kereta api Medan yang masih ada sampai sekarang. Titi gantung yang mempunyai sejarah cukup panjang ini kini menjadi sepi dan terlihat tidak terurus. Pada relokasi terdahulu, titi gantung ini akan dibuat sebagai pusat jajanan Kota Medan. Namun, sampai saat ini belum ada terlihat tindakan pemerintah untuk melirik titi gantung ini sebagai lokasi yang berpotensi untuk membangun tempat nongkrong bagi para warga Medan. Nah, kalau kamu lewat daerah ini cobalah untuk singgah dan berhenti sebentar di titi ini. Dari titi gantung ini kamu bisa menemukan dan melakukan banyak hal. Yuk, kita bahas tentang beberapa hal yang dapat kita lakukan ketika berada di titi gantung ini.

  1. Membeli Buku

Meskipun tidak banyak lagi pedagang buku yang berjualan di daerah ini. Namun, kamu masih dapat menemukan ruko milik pedagang yang tetap berdiri di pinggiran titi gantung ini. Jadi, tidak ada salahnya kalau kamu membeli buku sambil mengunjungi titi yang bersejarah ini.

  1. Wisata Camilan Medan

Ini adalah salah satu yang tidak dapat kamu lewatkan ketika berada di titi gantung ini. Pasalnya, di sepanjang titi ini kamu akan melihat pemandangan kuliner yang berbaris dari bagian ujung jembatan sampai ke ujungnya lagi. Jangan takut kelaparan kalau main di titi gantung ini, ya. Makanan yang dijajakan juga lumayan mengenyangkan, kok. Meskipun cuma berupa camilan setidaknya mampu mengatasi perutmu yang keroncongan karena lapar.

  1. Main di Stasiun Kereta Api

Titi gantung yang berada tepat di samping Stasiun Kereta Api ini membuatmu lebih mudah untuk melihat Stasiun Kereta Api Medan yang berdiri kokoh sejak tahun 1886. Setiap harinya para petugas di Stasiun Kereta Api Medan ini melayani 2000-2500 penumpang ke se-antero Sumatera Utara. Jadi, kalau kalian berniat untuk sekadar jalan-jalan dengan menggunakan kereta api, kalian bisa memilih kereta api tujuan Binjai. Hanya dengan uang Rp. 5000,- kalian akan tiba di kota yang berbeda, yaitu kota Binjai, kota yang terkenal dengan rambutannya.

  1. Melihat Bangunan Tua di Kota Medan

Kalau kamu pernah main ke titi gantung ini pasti kamu tahu bangunan-bangunan kuno bersejarah peninggalan Belanda yang terletak di Jalan Kesawan Square. Bangunan yang terdapat di sepanjang jalan Kesawan ini merupakan bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda yang masih tetap dijaga dan diperhatikan oleh warga Medan. Pada ujung Jalan Kesawan ini kamu akan melihat bangunan tinggi klasik bernama London Sumatera Indonesia.

  1. Melihat Vihara Setia Budi

Vihara Setia Budi terletak di Jalan Irian Barat No.26 Medan. Vihara Setia Budi merupakan bangunan yang paling terlihat di sebelah kiri titi gantung. Bangunan Vihara Setia Budi ini ikut berkontribusi dalam menghiasi pemandangan dari titi gantung ini. Vihara Setia Budi ini memiliki nama asli Kelenteng Kwan Tek Kong. Perubahan nama dan fungsinya menjadi kelenteng Tri-Dharma (Tiga kepercayaan, yaitu Buddha, Tao dan Kong Hu Cu) terjadi pada masa Orde Baru.

  1. Shopping di Centre Point Mall

Kalau Vihara berada tepat di sebelah kiri dari titi gantung maka, Centre Point Mall berada tepat di sebelah kanan dari titi gantung ini. Bangunan Centre Point Mall ini sempat menjadi heboh akan dirubuhkan pada tahun 2015 lalu. Pasalnya, bangunan Centre Point Mall ini diusut karena berdiri di tanah milik PT KAI Medan. Centre Point Mall Medan ini berdiri di Jl Jawa Medan. Centre Point Mall Medan berdiri tepat di sebelah Rumah Sakit Murni Teguh. Kalau kamu berdiri di titi gantung maka, kalian bisa lihat langsung bangunan tinggi dan megah. Di Centre Point Mall ini kalian bisa wisata kuliner, shopping, dan nonton bioskop.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

KOMENTAR

BACA JUGA