6 Persiapan Ketika Liburan Sendirian

Persiapan Untuk Liburan Sendirian
Persiapan Untuk Liburan Sendirian

 

Hakikatnya semua orang butuh hiburan, dan salah satu cara menghibur diri itu adalah dengan pergi berliburan. Namun bagaimana jika kamu tidak memiliki teman yang ingin diajak berlibur dikarenakan budget dan waktu yang tidak sesuai. Lantas apakah kamu nekat untuk pergi sendirian? Jika iya, sebaiknya kamu harus melakukan persiapan sematang mungkin. Kamu harus membuat rencana perjalanan yang kelak bisa memberikan kesenangan sekaligus kenyamanan meski kamu pergi sendirian. Dari awal yang harus kamu lakukan adalah memperhitungkan tempat, biaya, aktifitas, penginapan ataupun akses berkomunikasi dengan bahasa tertentu (jika kamu ingin berlibur ke luar kota maupun ke luar negeri). Sebaiknya yuk buat dari sekarang perencanaanmu sebelum kamu memutuskan untuk pergi sendirian :

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menetukan tempat tujuan berlibur, kota atau negara mana yang akan menjadi destinasimu. Bagaimana kamu menuju kesana dan apakah kamu sudah pernah kesana sebelumnya. Untuk pergi ke suatu tempat kamu harus tahu tentang kondisi geografisnya agar bisa benar-benar menikmati liburannya nanti.
  2. Untuk mendapatkan hiburan dengan liburan yang menyenangkan kamu harus memilih tempat yang memang sesuai dengan minatmu misalnya tentang bangunan dan cuaca yang kamu inginkan. Sebaiknya pelajari hal itu terlebih dahulu ya.
  3. Sebaiknya kamu membuat list pengeluaran yang kamu rencanakan selama berlibur nanti agar tagihan tidak membengkak ketika kamu kembali dari berlibur. Sebaiknya cari tahu dengan detail tentang biaya hidup di negara ataupun daerah yang akan kamu kunjungi, mulai dari transportasi, makanan hingga penginapan. Jangan sampai tabunganmu justru tidak cukup untuk membiayai liburanmu sendiri.
  4. Kalkulasikan pula tentang berapa lama wkatu yang akan kamu pakai untuk berlibur dan aktivitas apa saja yang akan kamu lakukan disana. Apakah kamu akan mengunjungi seluruh destinasi yang ada, jika ia coba list nama tempat-tempatnya. Pertimbangkan juga tentang lokasi penginapan dengan lokasi wisata yang akan kamu datangi. Semua harus kamu kalkulasikan dengan detail untuk mencegah pengeluaran yang membengkak tentunya.
  5. Buatlah jurnal perjalanan kamu dengan sebai mungkin, hal ini dapat membantu kamu untuk menghabiskan waktu berlibur dengan maksimal sekaligus memperhitungkan biaya yang nantinya akan dikeluarkan. Jika kamu pecinta sejarah, maka pergilah ke daerah atau negara yang penuh sejarah, begitu pula jika kamu pecinta belanja sebaiknya pergilah ke tempat yang terdapat banyak produk-produk kerennya.
  6. Kamu tidak bisa selamanya menggunakan taksi ketika liburan, karena itu bisa membuat pengeluaranmu menjadi membengkak. Untuk itu sebaiknya pelajari tentang akomodasi ataupun kendaraan seperti apa yang bisa kamu kenakan nantinya, carilah sistem transportasi seperti apa yang sering digunakan dengan harga yang terjangkau tentunya. Dan pelajari juga tentang bahasa yang biasa dikenakan, sebaiknya pelajari lah sepatah dua patah kata siapa tahu kamu tersesat dan tidak tau arah kembali. Seperti misalnya pengunaan kata-kata yang umum seperti terima kasih, maaf, apa, bagaimana, penginapan, transportasi dan lainnya.

Nah itu dia enam hal yang harus kamu persiapkan dari sekarang jika kamu ingin berlibur terutama berlibur tanpa teman alias sendirian. Jangan sampai membuat perjalananmu malah membuatmu tambah stress ya. Jangan lupa juga untuk mengontak teman yang tinggal di daerah lokasi tujuan berliburmu, siapa tahu dia bisa membantumu ketika kamu tersesat atau ingin pergi ke suatu daerah yang kamu tidak ketahui. Selamat berlibur. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

KOMENTAR

BACA JUGA