Wisata Kuliner di Singapore Food Festival 2016

Singapore Food Festival 2016
Singapore Food Festival 2016 – foto : yoursingapore.com

Singapore Food Festival hadir untuk memberikan pengalaman bersantap yang lebih menyenangkan dengan cita rasa asli Singapura bercampur selera masa kini. Menampilkan 6 kolaborasi spesial dari tiga koki, pemandu wisata kuliner. Di 2016, acara tahunan Singapore Food Festival (SFF) telah kembali digelar dari tanggal 15 sampai dengan 31 Juli nanti dengan menampilkan 18 pengalaman kuliner menarik.

Berburu makanan khas suatu negara yang dikunjungi ketika berwisata merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewatkan oleh para wisatawan ketika berlibur. Hal ini juga berlaku bagi para wisatawan Indonesia yang sangat gemar mencari makanan khas suatu negara yang dikunjungi. Meningkatnya minat wisata kuliner ini telah banyak menginspirasi para wisatawan untuk meluangkan waktunya menikmati masakan lokal di negera tersebut. Salah satu negara destinasi pilihan terdekat masyarakat Indonesia yang memiliki beragam kuliner khas yang unik adalah Singapura. Dengan penerbangan lebih dari 500 per minggunya, Singapura merupakan salah satu destinasi wisata kuliner favorit masyarakat Indonesia.

Bertemakan “Savour the Past, Taste the Future”, SFF mengajak para pecinta makanan untuk berwisata kuliner melalui rentang masa, mulai dari nostalgia kuliner berlatar belakang rumah toko Singapura, hingga pengalaman bersantap masa kini di taman luar ruang, pengunjung dapat memanjakan lidah dengan hidangan terbaik dari juru kuliner andal Singapura.

Ibu Ranita Sundra, Director of Attractions, Dining and Retail, Singapore Tourism Board, mengatakan “Singapore Food Festival menghidangkan semua warisan kuliner khas Singapura sejak 1994. Setelah 23 tahun, SFF masih menjadi satu-satunya festival yang menjajakan makanan dengan cita rasa lokal dan memamerkan semangat kreatif dari tempat wisata kuliner yang terus berkembang. Tahun ini, warga Singapura dan pengunjung dapat menikmati jamuan dari 18 pengalaman kuliner unik yang menjadi bagian dari SFF. Baik tua maupun muda dapat menikmati kuliner warisan maupun inovasi baru dengan menjadi bagian dari festival kuliner ini.

 

Acara Khas STREAT

Singapore Tourism Board (STB) pertama kali memperkenalkan STREAT pada 2015 sebagai acara khas SFF untuk merayakan makanan dan bakat kuliner Singapura. Pada 2016, STREAT akan menghadirkan restoran pop-up dan beragam sajian dari industri makanan dan minuman Singapura.

Restoran pop-up di STREAT 2016

Restoran pop-up di STREAT 2016 berada di bawah pimpinan koki selebriti internasional, Susur Lee, yang berperan penting dalam mengembangkan konsep kuliner kontemporer Tiongkok setelah terpilih sebagai konsultan di TungLok Group’s Group Culinary. Ia bergabung dengan Senior Executive Chef Ken Ling di Tunglok Heen dan Chef-Owner Restoran Labyritnh, Han Liguang. Ketiga koki tersebut akan menginterpretasi ulang dan membuat suasana baru untuk kaki lima yang disajikan oleh enam tangan ekslusif dalam bentuk hidangan makan malam. Para penjaja makanan dengan pilihan terbaik dan para koki yang membawa kedai dorong turut memeriahkan acara restoran pop-up.

Streat Singapore Food Festival

Meremajakan Pengalaman Kuliner

Para mitra industri bergabung dengan STB untuk memperkaya pengalaman pengunjung di SFF 2016. Para talenta dan pengusaha di bidang kuliner, asosiasi makanan dan minuman serta industri hotel bersama menyelenggarakan 18 pengalaman kuliner di festival tahun ini. Rayakan dan temukan kembali warisan kuliner Singapura sembari memanjakan diri dalam hidangan modern dan tradisional Singapura bersama keluarga dan teman Anda di acara ini:

  • Temukan Chatterbox Food Truck yang berkeliling Singapura dengan nasi ayamnya yang terkenal di beberapa lokasi di kota;
  • Belajar cara memasak hidangan ternama Singapura, Singapore Chilli Crab, dan mie Hokkien rebus yang dibungkus daun Opeh dari Koki Tony Khoo di Cooking from the Heart;
  • Berpetualang kuliner dengan CRAVE! Singapore dan belajar lebih lanjut tentang sejarah makanan dan daerah asalnya dengan program interaktif;
  • Cicipi hidangan dar grup-grup etnis mayoritas Singapura di Dining in the Garden City, yang dihidangkan langsung oleh koki dan asosiasi kuliner dan penjaja makanan Food Gen 2;
  • Mampir ke East Coast Lagoon Food Village yang merupakan pusat kuliner utama di SFF 2016;
  • Nikmati suasana piknik mewah dengan udara yang nyaman di ION Orchard Culinary Creations 2016: Picnic in Style! ;
  • Santap kuemu di acara tahunan kedua Kueh Appreciation Day yang memperingati satu kelezatan yang mengikat beragam budaya dan etnis di Singapura;
  • Kuasai keterampilan yang diperlukan untuk membuat ang ku kueh dan mendekorasi kue dengan Learning Journeys;
  • Nikmati hidangan warisan lokal dan karya perpaduan yang unik di One Farrer’s Food Street, yang akan menciptakan kembali kedai-kedai makanan terbaik berbaris di jalanan Farrer Park district;
  • Pergi menuju Open Stoves Timbre+ untuk mengintip suasana para koki dunia melakukan kegiatan mereka dengan berbagai demo masak, bands jamming, pop-up barbeque blowout dan aktivitas jalanan yang menyenangkan.
  • Jelajahi tiga zona kuliner dalam Singapore Favourite Food Village 2016, mulai dari warisan jajanan kaki lima sampai makanan Singapura modern dan gerobak makanan.
  • Rayakan Singapore Restaurant Month, kunjungi warisan restoran yang menyajikan hidangan sehat yang terinspirasi dari Singapura secara eksklusif untuk SFF 2016.
  • Hidupkan kembali nostalgia Singapura masa lampau di The 50 Cents Fest! sepanjang Chinatown Food Street. Terinspirasi dari peribahasa Hokkien yang terjemahan harfiahnya berbunyi “5 sen lebih besar dari roda gerobak lembu jantan”, setiap hidangan yang tersaji akan dijual dalam pecahan 50 sen, tidak lebih dari $2.50 per buah. Musik, pemusik, dan pemain berkostum masa lampau juga akan turut menampilkan hiburan.
  • Temukan kembali makanan warisan Peranakan kita bersama Kim Choo Holding Ple Tld dalam The Heritage Town Trail bersama pemandu wisata Katong dan Joo Chiat yang sudah termasuk merasakan kelezatan nyonya.
  • Pusat kuliner lainnya seperti Tippling Club, TWG Tea Salons dan Mandarin Orchard juga bagian dari SFF 2016. Mereka akan menyajikan menu-menu yang terinspirasi dari penjaja koktil campuran, teh dengan cita rasa hidangan lokal dan Hainese yang khas.

 

Membawa Cita Rasa Singapore Food Festival Kepada Semua Orang

Hadir dengan kolaborasi perdana sejak pertama kali diluncurkan, UberEATS menjadi mitra resmi pengantar makanan SFF 2016, para penumpang akan takjub dengan kuliner istimewa tepat pada 15 Juli 2016. Tetap ikuti untuk informasi lebih lanjut!

 

Peluncuran Perdana Michelin Guide Singapura

Untuk pertama kalinya, Michelin mengumumkan restoran dan hidangan kaki lima terbaik di Singapura. Seminggu sebelum pengumuman pilihan MICHELIN Guide Singapore pada tahun 2016, Michelin meluncurkan daftar 34 restoran dan gerai kaki lima yang dibedakan oleh juri dari MICHELIN, a Bib Gourmand. Penghargaan ini dinilai berdasarkan penawaran menu berkualitas tinggi dengan harga yang rasional, atau maksimal sebesar S$ 45.

Juri dari MICHELIN ini menelusuri semua jenis makanan di Singapura: mulai dari gerai kaki lima sampai makanan tradisional di pusat jajanan populer yang menawarkan jenis makanan lezat lokal khas masakan Asia. “Kuliner makanan tersebut memiliki campuran budaya yang kental yang dipengaruhi oleh cita rasa negeri Tiongkok, Malaysia dan juga Indonesia. Sejarah Singapura tercermin dalam cita rasa kulinernya, dimulai dari keanekaragamannya, kesederhanaannya, sampai keaslian yang dapat mencuri perhatian penilaian kami,” kata Michael Ellis, Direktur Internasional MICHELIN Guides.***(CM/PR)

KOMENTAR

BACA JUGA