IBX5A49C9BC313D6 Stres Ternyata Bisa Diatasi Dengan Mengamati Ikan di Akuarium – Cerita Medan

Stres Ternyata Bisa Diatasi dengan Mengamati Ikan di Akuarium

Stres Ternyata Bisa Diatasi Dengan Mengamati Ikan di Akuarium
Stres Ternyata Bisa Diatasi Dengan Mengamati Ikan di Akuarium – Foto : bisfren.com

Stres adalah suatu gangguan psikis yang sering kali dialami banyak orang. Penyebab stres pun bisa beragam, mulai dari masalah pekerjaan, masalah hubungan asmara, masalah keluarga, atau masih banyak masalah-masalah yang mungkin memicu timbulnya stres.

Stres memang terlihat sederhana, namun bisa berakibat besar bagi hidupmu. Stres akan membuat seseorang tertekan yang terkadang dapat berujung pada depresi. Depresi adalah keadaan dimana seseorang merasa sangat sedih karena terlalu merasa tertekan.

Pada suatu titik tertentu, kondisi depresi bisa menjadi suatu gangguan, seperti sedih berkepanjangan, yang akhirnya mengganggu aktivitas sehari – hari, merasa sangat lelah sehingga ingin berhenti melakukan apapun, mengakibatkan kurang tidur ataupun gejala sulit tidur dan akhirnya yang paling parah akan merasa dirinya tidak kuat menanggung semua kesedihan itu hingga memutuskan untuk bunuh diri.

Untuk itu, seseorang haruslah benar-benar memahami dirinya dan mengenali tanda-tanda depresi, yang diawali dengan stres. Saat kamu menyadari bahwa kamu telah mengalami gangguan stres, sebaiknya kamu segera mencari solusi untuk memperbaiki hal yang menyebabkan kamu menjadi stres. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan selain mencoba untuk relaks adalah dengan mengamati ikan di akuarium.

Meja Penuh Dengan Akuarium - Foto : ferboes
Meja Penuh Dengan Akuarium – Foto : ferboes.com

Dilansir dari Vemale, mengamati ikan di akuarium bisa berdampak pada kesehatan. mengamati ikan di akuarium bisa membuat detak jantung dan tekanan darah menurun, sehingga dapat membuat seseorang merasa tenang dan terhindar dari stres yang berkepanjangan.

Hal ini terkait dengan penelitian yang ditemukan oleh para peneliti Inggris yang melakukan penelitian untuk mencari tahu apakah mengamati ikan di akuarium bisa berdampak pada kesehatan seseorang.

Dalam penelitian tersebut, para subjek diminta untuk mengamati akuarium. Mereka pun mengamati ikan tersebut dalam kurun waktu tertentu. Selanjutnya, para peneliti pun mencatat detak jantung dan tekanan darah mereka secara berkala.

Hasilnya dari temuan tersebut memperlihatkan bahwa ternyata semakin banyak ikan yang dimasukkan ke dalam akuarium, maka detak jantung dan tekanan darah para partisipan pun menurun.

Para peneliti menyimpulkan bahwa mengamati ikan di akuarium akan membuat mood seseorang menjadi makin positif. Ikan – ikan yang bergerak di dalam akuarium bisa memberi efek positif bagi kita dan bantu redakan stres yang kita alami. Hal ini disebabkan karena perasaan yang lebih tenang dan damai setelah mengamati ikan di akuarium.

Baik disadari atau tidak, melihat ikan- ikan yang bergerak di dalam akuarium akan membuat perasaan kita ikut terbawa dan menyatu dengan alam. Keadaan ini akan membuat kita terlena dan merasa bahagia melihat kelincahan ikan yang bergerak kesana – kemari. Demikian informasi tentang Stres Bisa Diatasi Dengan Mengamati Ikan di Akuarium. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.***(CM-Ist/Hindah Sumaiyah)

KOMENTAR

BACA JUGA