Jalan-Jalan Aman Bersama Keluarga di Hari Lebaran

Jalan-Jalan Aman Bersama Keluarga Di Hari Lebaran
Jalan-Jalan Aman Bersama Keluarga Di Hari Lebaran

 

Lebaran menjadi momen yang sangat baik untuk berkumpul dengan seluruh anggota keluarga serta para kerabat. Hari besar yang hanya akan datang setahun sekali ini memang diperuntukkan untuk kita saling bersilahturahmi. Biasanya beberapa perusahaan menjadikan hari raya umat muslim ini juga menjadi hari libur nasional. Tak hanya dimanfaatkan untuk mudik alias pulang kekampung halaman tapi juga menjadi kesempatan bagi sebuah keluarga untuk mengisi waktunya agar menjadi berkualitas. Salah satu favorit bagi kebanyakan keluarga Indonesia adalah dengan berlibur ketempat-tempat yang memiliki pemandangan alam indah ataupun wahana-wahana menarik. Biasanya destinasi-destinasi wisata berada di wilayah-wilayah yang dimana untuk dapat menginjakkan kaki kesana akan memakan waktu dalam perjalanan, suasana bisa bertambah hangat jika menggunakan kendaraan pribadi.

Selain menaati segala aturan dan rambu lalu lintas yang sudah menjadi standar dalam berkendara, ketika bepergian bersama keluarga kita juga harus lebih mempersiapkan segala sesuatunya agar perjalanan tak hanya aman tapi juga nyaman.

 

Kondisi Kendaraan yang Digunakan

Anda mungkin orang yang sangat lihai dalam berkendara di jalan raya, namun bagaimana jika kendaraan yang dikendarai tak dalam kondisi yang baik? Tentunya ini akan sangat berbahaya tak peduli sehebat apa skill yang anda miliki. Maka dari itu sangat penting untuk teliti terhadap setiap inci kendaraan anda ketika hendak bepergian. Apa yang terjadi jika anda sedang melaju pada kecepatan 100km/jam tapi rem tidak bekerja dengan baik? Sangat berbahaya pastinya, begitu pula hal-hal lain yang perlu diperhatikan, seperti tekanan angin pada ban, mesin, lampu dll.

 

Muatan Jangan Sampai Berlebihan

Setiap kendaraan yang diciptakan pasti memiliki jumlah maksimal bobot yang ditanggungnya. Melebihi batas yang telah ditentukan akan sangat berbahaya dan menggangu kenyamanan dalam berkendara. Tak hanya barang-barang saja, bahkan jiwa yang menumpang juga tak boleh dipaksakan, seperti aturan yang telah ditetapkan, sepeda motor maksimal 2 orang, mobil sekitar 4 sampai dengan 8 orang dewasa. Melanggar hal tersebut tak hanya membahayakan tapi juga melanggar aturan berkendara.

 

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

Dibeberapa negara adanya kotak P3K dalam kendaraan pribadi telah menjadi hal yang wajar dan juga standar. Kotak ini memiliki peran yang sangat vital ketika sesuatu yang tak diinginkan terjadi baik itu hal kecil hingga besar sekalipun. Isinya juga tak melulu barang yang sering digunkan oleh para dokter dirumah sakit seperti jarum suntik, infus dsb, sejatinya kotak ini pertujuan sebagai pertolongan pertama saja jadi, bisa saja dimasukkan minyak angin ataupun obat untuk meredakan mabuk akibat perjalanan.

 

Makanan dan Pakaian Ganti

Perjalanan panjang akan mengguncang perut anda sekeluarga, maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut perlu sesuatu yang bisa dikunyah atau minum yang dibawa sepanjang perjalanan. Jika tak ingin repot anda cukup membawa snack sebagai pengganjal perut dikala lapar dan belum menemukan rumah makan untuk disinggahi. Begitupun juga dengan pakaian, siapa tahu jika ditengah jalan anda mendapat masalah dengan penampilan, bisa itu kotor, kusut atau hal-hal lainnya yang menggangu kenyamanan.

Demikian artikel untuk mengisi waktu lebaran. Meski dibeberapa perusahaan sudah mengharuskan kamu untuk masuk kerja, masih ada waktu seminggu buat kamu yang libur untuk menikmati masa libur lebaran bersama keluarga. Tamasya, nonton bareng, atau berkunjung ke sanak saudara juga menjadi pilihan yang baik. Untuk itu, jangan lupa jaga kesehatan ya.***(CM-03/Rio Khairuman)

KOMENTAR

BACA JUGA