Bukit Doa Hutaginjang, Destinasi Menarik di Tapanuli Utara

Bukit Doa Hutaginjang
Bukit Doa Hutaginjang

 

Hutaginjang merupakan suatu nama desa yang terletak di Kecamatan Muara, Kabapaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Desa yang berada diatas pinggiran Danau Toba dengan ketinggian 1.550 mdpl (meter diatas permukaan laut) ini , menyimpan pemandangan eksotis dengan pemandangan Danau Toba yang terlihat begitu mengagumkan dari kejauhan. Sebelum menjadi tempat wisata, tempat ini dulunya adalah kawasan hutan produksi terbatas, sehingga penduduk yang tinggal disekitar area tempat wisata ini dulunya menggantungkan hidup dengan bertani. Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata termuda di provinsi Sumatera Utara.

Tapanuli Utara yang dikenal sebagai pusat pekabaran injil pertama di Tanah Batak memang menjadi tujuan wisata religi yang terkenal bagi umat Kristiani. Salah satunya adalah tempat wisata Bukit Doa yang mulai dirintis pada tahun 1997 melalui kerinduan Pdt.Abraham Hutabarat S. Th yaitu seorang kelahiran Balige, Sumatera Utara yang tinggal di Jakarta. Proses pembangunan ynag sempat terhenti selama 3-4 tahun karena kesulitan dana, akhirnya pembangunan tahap pertama selesai pada tahun 2012 dan pembangunan dari tempat wisata ini, masih tetap dilanjutkan hingga sekarang. Tujuan dari pembangunan Rumah Doa yang terletak di lereng bukit Hutaginjang ditepian Danau Toba adalah untuk memberkati daerah Tapanuli. Setiap tahunnya kunjungan wisatawan semakin meningkat, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik.

Tepat di lereng bukit yang menghadap langsung ke Danau Toba, dibangun sebuah patung dengan bentuk kedua tangan digabungkan sebagai tanda memohon kepada Tuhan. Selain itu, terdapat 26 buah kamar-kamar doa di lereng tebing ini yang dibangun sedemikian rupa, sehingga setiap wisatawan yang berdoa di dalam kamar yang akan membuat anda semakin khusyuk dalam menaikkan pujian kepada Tuhan dan juga dapat menikmati udara tepian danau toba yang sejuk serta langsung dapat menikmati keindahan pemandangan danau toba dan juga hamparan persawahan yang terlihat dari kaca jendela yang tembus pandang.

Tidak ada salahnya jika berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, dikarenakan jauh dari hiruk pikuk kota yang menjadikan tempat ini cocok untuk bersantai dengan menikmati keindahan panorama pemandangan Danau Toba. Bila anda ingin berkunjung ke tempat ini, anda dapat menggunakan angkutan pribadi atau angkutan umum baik itu roda dua maupun roda empat dengan waktu tempuh selama 6 jam dengan jarak kurang lebih 350 km dari kota Medan.

Tempat wisata Bukit Doa ini dapat ditempuh dari Siborong-borong yang masih termasuk dalam wilayah Tapanuli Utara dan juga dapat ditempuh dari Dolok Sanggul ynag merupakan wilayah dari Kabupaten Humbang Hasundutan. Karena lokasi berada diketinggian maka trek yang akan dilalui pengunjung cukup menanjak, tetapi aksebilitas menuju tempat wisata Bukit Doa ini sudah cukup memadai, jadi anda tidak perlu khawatir. Tidak dikenakan biaya retribusi untuk mengunjungi lokasi wisata yang satu ini. Dan dilokasi ini terdapat warung-warung yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman bagi pengunjung yang datang. Ada juga pedagang yang menjual pernak-pernik sebagai kenang-kenangan dari tempat wisata ini.

Bila anda juga berniat ingin menginap di daerah ini, ada baiknya jia nada menginap di ibukota Kabupaten yaitu Tarutung. Disana terdapat beberapa hotel dan penginapan yang tentunya dapat anda sesuaikan dengan budget anda. Semoga wawasan tentang tempat wisata Bukit Doa Hutaginjang ini dapat membantu bagi anda yang ingin berkunjung kesana.***(CM-Ist/Katri Hutabarat)

KOMENTAR

BACA JUGA