Ini Alasan Orang Batak Punya Suara Bagus

Ini Alasan Orang Batak Punya Suara Bagus
Ini Alasan Orang Batak Punya Suara Bagus

 

Menjadi seorang penyanyi berarti harus memiliki suara berkualitas, agar dapat diterima dengan baik oleh banyak orang. Untuk mendapatkannya bisa dengan latihan yang rutin. Tapi ada juga yang sudah diberi anugerah suara bagus sejak lahir, seperti yang dirasakan kebanyak orang ber-Suku Batak.

Judika Sihotang, Joy  Tobing, Marcel Siahaan, Sammy Simorangkir, dan Viky Sianipar mereka adalah beberapa dari sekian banyak penyanyi terkenal di tanah air. Yang lebih mengistimewakannya lagi adalah kesemuanya memiliki darah Batak pada diri mereka. Suku yang berasal dari Sumatera Utara ini memang terkenal dengan suara lantang dan keras. Namun, bisa menjadi sangat merdu ketika bernyanyi. Kemampuan tersebut seakan menjadi salah satu identitas yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Tak hanya menyanyi dengan Bahasa Indonesia, lagu-lagu dengan Bahasa Batak juga nikmat untuk didengar. Walaupun terkadang kita tidak benar-benar mengerti arti katanya namun tetap saja irama akan membawa tubuh bergoyang.

Di Medan sendiri tak lengkap rasanya jika tidak ada iringan lagu Batak pada sebuah acara hajatan, contoh lagu yang paling sering kita dengar adalah Boru Panggoaran, Alusiau, Anak Medan dan masih banyak lainnya. Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa Orang Batak mampu memiliki memiliki suara bagus secara alami? berikut adalah beberapa faktor yang dianggap menjadi alasannya.

Ini Alasan Orang Batak Punya Suara Bagus
Ini Alasan Orang Batak Punya Suara Bagus

 

Dilihat dari kondisi alamnya yang dipenuhi perbukitan, bisa jadi alasan geografis menjadi faktor utama. Pada zaman dahulu, banyak orang tinggal hidup di dataran tinggi dan jaraknya pun berjauhan, sehingga untuk berkomunikasi mereka harus menggunakan suara keras agar terdengar dengan jelas. Kebiasaan tersebut lama-kelamaan mengasah pita suara mereka hingga terbiasa untuk bernyanyi dengan nada-nada yang tinggi. Jadi, jangan takut jika Orang Batak berbicara dengan nada tinggi karena pada dasarnya hatinya selembut salju.

Alasan kedua, secara fisik orang batak juga agak berbeda, bentuk kepala sedikit lebih besar serta memiliki rongga sinus yang meliputi pita suara juga pernapasan sehingga mampu secara efektif dalam proses penarikan suara, maka suara yang dihasilkan akan terdengar jelas, lantang, dan keras. Ini menjadi alasan kuat mengapa Orang Batak memiliki kualitas suara ketika bernyanyi.

Ketiga, menyanyi adalah sebagain budaya dari Suku Batak sehingga Orang Batak sudah terbiasa beryanyi sejak kecil. Ditambah dengan mayoritas warganya ber-Agama Nashrani, maka ketika berada di Gereja mereka pasti menyanyikan lagu-lagu pujian. Hal yang sama ketika mereka berkumpul bersama di sebuah tempat, tak lengkap rasanya tidak ada musik.

Selanjutanya, Orang Batak terkenal sering menceritakan apapun yang mereka alami lewat nyanyian, maka dari itu mereka banyak sekali lagu Batak sering kita dengar. Mulai dari percintaan, perpisahan, beranjak dewasa, profesi, silsilah keluarga, kesuksesan, pujian, alam, kelahiran seorang anak, persahabatan, kemalangan, dan lainnya. Beberapa tercipta atas dasar ketidaksengajaan yang akhirnya menciptakan nada yang enak untuk didengar.

Ini Alasan Orang Batak Punya Suara Bagus
Ini Alasan Orang Batak Punya Suara Bagus

 

Bagi Orang Batak sendiri, suara indah merupakan sebuah karunia yang diberikan langsung oleh Sang Pencipta kepada mereka. Bahkan ada yang mengatakan bahwa tangisan anak bayi ber-Suku Batak yang baru lahir terdengar berbeda, lebih merdu dan menyentuh hati. Namun itu masih berupa opini benar atau tidaknya silahkan buktikan sendiri. Terlepas dari itu, tidak hanya yang ber-Suku Batak, tapi juga seluruh Indonesia patutnya berbangga sebagai sebuah kesatuan dari keberagaman masyarakatnya.

Jika memang Orang Batak memiliki suara indah dari waktu ke waktu, maka seharusnya hal tersebut tetap dijaga sebagai sebuah karunia yang akan tetap terus diwariskan kepada generasi seterusnya.***(CM-03/Rio Khairuman)

KOMENTAR

BACA JUGA