Masalah Mulut yang Timbul karena Malas Gosok Gigi

Masalah Mulut Jika Malas Sikat Gigi
Masalah Mulut Jika Malas Sikat Gigi

 

Menjaga kesehatan mulut telah menjadi suatu keharusan bagi kita. Bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang membuat kita harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi kita. Hal ini karena mulut digunakan untuk berbicara dengan lawan bicara.

Jika seseorang mengidap bau mulut, ini akan menjadi masalah besar dalam diri orang tersebut. Karena bau mulut sering kali membuat orang lain enggan dekat dengan kita, sebab bau yang tidak sedap tersebut. Hal ini akan menyebabkan penderita yang mengalami masalah mulut tersebutmerasa minder atau kehilangan kepercayaan diri untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain.

Nah, berikut adalah beberapa Masalah Mulut Yang Timbul Karena Malas Gosok Gigi :

  1. Penyakit gusi

Gusi yang tidak dibersihkan secara teratur akan membuat seseorang menghadapi risiko penyakit gusi. Gusi yang tidak dijaga kebersihannya akan menyebabkan gusi tersebut terkena infeksi. Dengan demikian, seseorang bisa saja menghadapi radang gusi yang berakibbat fatal bagi gusi tersebut.

  1. Karang gigi

Karang gigi bisa diakibatkan karena seseorang malas gosok gigi, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Karang gigi merupakan akibat dari sisa makanan yang menempel pada gigi sehingga lama kelamaan menjadi kerak yang terus menempel erat pada gigi dan terbentuk karang yang keras atau sedimentasi. Karang gigi dapat terjadi karena kandungan garam pada air liur yang bersifat basa terkontaminasi oleh sisa-sisa makanan yang bersifat asam. Sisa makanan yang menempel di gigi akan mengeras dan menjadi karang gigi. Plak gigi kemudian akan menyebar ke seluruh bagian gigi. Pada awal terbentuknya, karang gigi berwarna kuning, lama-kelamaan berubah warna menjadi coklat kehitaman. Selain merusak penampilan, lal itu tentu akan membuat gigi menjadi tidak sehat dan biasanya membuat bau yang kurang sedap pada mulut dan dapat menyebabkan kanker mulut.

  1. Gigi berlubang dan sakit gigi

Masalah gigi berlubang seringkali menjadi masalah yang paling umum terjadi pada kesehatan gigi. Gigi berlubang bisa terjadi karena seseorang malas menggosok gigi, sehingga merusak gigi.Penyebab gigi berlubang yang paling umum adalah terdapatnya bakteri pada gigi yang lama-kelamaan dapat membuat gigi berlubang.

Gigi berlubang sering kali menyebabkan sakit gigi. Sakit gigi adalah rasa nyeri yang terjadi pada daerah sekitar gigi dan rahang akibat adanya kerusakan yang terjadi di sekitar gigi.  Sakit gigi karena gigi berlubang akan sangat menyebalkan dan membuat siapapun yang mengalaminya menjadi menderita karenanya.

  1. Bau mulut

Malas menggosok gigi secara rutin adalah salah satu penyebab bau mulut. Malas menggosok gigi secara rutin mengakibatkan kebersihan mulut tidak terjaga, banyak sisa makanan yang menempel pada gigi dan mulut, tidur dan membusuk di mulut, sehingga ketika bangun di pagi hari, mulut kamu akan mengelurkan bau tidak sedap.

  1. Gigi menjadi kuning

Jarang menggosok gigi, aktifitas merokok, terlalu sering mengkonsumsi teh dan kopi, penggunaan obat tetes mata secara berlebih, atau akibat penggunaan obat pemutih gigi yang tidak cocok adalah beberapa faktor penyebab gigi menjadi kuning. (HS)

KOMENTAR

BACA JUGA