Cara Sederhana Jadi Komika

Stand Up Comedy
Foto: videohive.net

Menjadi komika atau stand up comedian tidaklah semudah kelihatannya. Seorang stand up comedian tidak hanya asal bicara di depan panggung menceritakan hal lucu lalu mendapat tepuk tangan penonton. Namun lebih dari itu, sebenarnya banyak hal yang harus seorang stand up comedian persiapkan agar bisa tampil bagus di depan panggung. Sebab stand up comedy adalah hal yang berbeda dengan jenis pertunjukan komedi lainnya.

Meskipun perlu perjuangan besar untuk dapat berhasil menjadi seorang komik dalam membawakan sebuah acara stand up comedy, tapi mencapai keberhasilan menjadi seorang komik yang handal adalah suatu kenikmatan yang luar biasa dalam proses pencapaian diri seseorang.

Kebanyakan seorang komik yang sukses adalah mereka yang memiliki minat di dalamnya. Mereka menikmati bidang tersebut. Sebab dengan menikmati hal yang kamu kerjakan, banyak keuntungan yang akan kamu dapat.

Nah, untuk menjadi seorang komika atau stand up comedian, berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan.

 

1. Tulis Materi Sebelum Tampil

Sebelum tampil di atas panggung, mengetahui informasi yang dasar mengenai hal yang akan kamu bahas adalah suatu keharusan bagi kamu. Kamu pun harus tahu dan mengerti seluk-beluk tentang topik yang akan kamu bahas secara umum maupun menyeluruh.

Agar kamu tidak lupa dengan hal-hal yang akan kamu bicarakan nantinya, maka kamu harus menulis dan menghafal materi tersebut. Bahkan, banyak komika-komika terkenal pun juga menulis materi yang akan mereka bicarakan sebelum tampil di atas panggung. Selain itu, kamu pun harus ingat kata pembuka dan penutup agar tidak blank saat tampil.

 

2. Jangan Mencoba Untuk Menjadi Lucu

Mencoba untuk menjadi lucu adalah hal yang garing untuk dilakukan. Menjadi lucu justru akan membuat kamu terlihat bodoh di atas panggung. Menjadi seorang komika atau stand up comedian berarti kamu harus membuat penonton tertawa karena apa yang kamu bicarakan, bukan karena kelakuan kamu yang aneh di atas panggung.

 

3. Jangan Memakai Materi Orang Lain

Yang berbeda dari komik dengan jenis komedian lainnya pada umumnya adalah pembahasan tentang kelucuan hal-hal di sekitar kita. Maka carilah materi dari kehidupan sekitar kita, dan bukan dengan ngambil di internet tentang kumpulan cerita lucu atau bahkan menyontek materi dari komika lainnya. Sebab jika kedua hal itu kamu lakukan, materi kamu akan menjadi garing karena sudah pernah didengar penonton.

 

4. Percaya Diri

Seorang komika harus mempunyai rasa percaya diri yang cukup tinggi saat tampil di atas panggung. Percaya diri saat berbicara adalah hal yang sangat penting. Meningkatkan rasa percaya diri saat berbicara di atas panggung, akan membantu kamu untuk tampil lebih baik.

 

5. Bicaralah Dengan Jelas

Berbicara dengan jelas adalah hal yang juga menunjukkan rasa kepercayaan diri seseorang. sebab jika kamu bicara terlalu cepat, kamu akan merasa tidak enak karena kamu sadar kamu bicara terlalu cepat. Hal ini akan membuat kamu mengira-ngira dalam hati, apakah penonton mengerti yang kamu ucapkan karena bicara kamu yang terlalu cepat. Untuk itu, intonasi, artikulasi, dan penekanan kata penting kamu perhatikan saat kamu tampil di atas panggung.

 

6. Rajin Membaca

Berbicara erat kaitannya dengan membaca. Saat kamu berbicara kata-kata yang telah kamu dapat dari proses membaca akan mewakili ungkapanmu dalam berbicara. Selain itu, membaca juga dapat merangsang otak untuk berpikir logika, rasional, dan kreatif. Dengan banyak membaca, otak kamu pun juga akan terasah dan meningkatkan kadar intelektualitas serta membina daya nalar kamu saat berbicara.

 

7. Jangan Mudah Puas

Meski terkadang mungkin penamilanmu dalam suatu waktu dapat memuaskan dirimu dan penonton, namun jangan mudah puas sampai di situ saja. Kamu harus terus mencoba dan belajar hal baru yang lebih baik.

 

8. Ikut Komunitas Komika

Ikut serta dalam komunitas komika itu perlu .Memiliki hubungan pertemananan dengan para komika tentunya akan memudahkan kamu dalam belajar sebagai komik. Semakin luas pergaulan yang kamu miliki, maka akan semakin mudah pula kamu bersosialisasi dengan mereka, terutama untuk mempelajari banyak hal tentang stand up comedy.***(CM-Ist/Hindah Sumayyah)

KOMENTAR

BACA JUGA