San & I Doll, Boneka Berbahan Kain Flanel

San & I doll
San & I doll

Beberapa usaha yang mengandalkan kreatifitas cukup memiliki ruang yang lebar dalam bisnis home industry online. Salah satunya adalah boneka dengan berbahan dasar kain flannel. Di Kota Medan sendiri ada salah satu bisnis rumahan yang mengolah bahan dasar kain flannel menjadi sebuah boneka unik berbentuk kartun. Namanya San & I Doll. Usaha yang di ciptakan oleh kakak-beradik bernama Megita Sandani dan Elsha Sandani ini tidak main-main walapun usahanya dimulai dengan coba-coba.

Dia awal tahun 2012 awal karir dari usaha kecil menengah yang berfokus pada souvenir wisuda, nikahan, dan bantal. Namun keseriusan owner San & I Doll berawal di tahun 2014. Jika diperhatikan nama belakang owner pasti ada yang unik. Nama San & I Doll berasal dari nama belakang mereka yang juga nama orangtua yaitu Sandani. Konsep yang di ambil oleh San & I Doll sendiri diangkat dari souvenir-souvenir wisuda dan nikahan yang masih terlalu biasa juga  jarang menggunakan bahan dasar kain flannel.

San & I doll
Contoh Hasil Wisuda

Harga yang dipasarkan juga relatif murah. Untuk bonekanya sendiri dipatokkan dengan harga Rp35.000 sampai dengan Rp 220.000 tergantung ukuran dan karakter boneka tersebut. Sementara yang menggunakan frame berkisar harga Rp 80.000 sampai dengan Rp 200.000 tergantung ukuran framenya sendiri untuk paket boneka wisuda. Lain halnya dengan paket wedding, harga yang ditawarkan sekitar Rp 145.000 sampai Rp 220.000.  Selain paket boneka dan wedding, San & I Doll juga menyediakan paket Family dengan kemasan boneka keluarga yang dibingkai. Ukuran bingkainya sendiri mulai dari ukuran 6R sampai 16R.

Masih berbahan kain Flannel, San & I Doll juga menciptakan bantal dengan tempahan gambar yang bisa di request misalnya nama, karakter orang dan juga beberapa bentuk yang bisa dipilih. Melihat pasar dikalangan mahasiswa yang sedang wisuda, San & I Doll baru-baru ini menciptakan bantal dengan bentuk Gelar Sarjana. Beda dengan kreatifitas bantal sebelumnya, bantal dengan konsep gelar sarjana ini berbahan dasar kain Velboa. Bantal huruf tersebut di jual dengan harga Rp.75.000,-/pcg. Satu paket bantal gelar tersebut berisi 2 huruf sesuai dengan gelar yang disandang. Bantal huruf ala San & I Doll baru-baru saja dirilis pertengahan Februari 2016.
San & I doll
Contoh bahan dari Sanni & I doll

Pemesan untuk produk-produk San & I Doll minimal 2 minggu sebelum hari H. bukan karena pengerjaannya yang lama, namun waiting list dalam pemesanan boneka flannel tersebut sangat banyak. Kota-kota di luar Sumatera seperti Jakarta, tanggerang, bandung, jogja, pekanbaru dan bahkan papua menjadi sedikit dari kota-kota besar di Indonesia yang berlangganan San & I Doll. Malah lebih banyak pelanggan luar kota dari pada pelanggan dalam kota sendiri. Dibutuhkan 1-2 hari dalam pengerjaan satu produk boneka.

Musim wisuda adalah musim yang baik untuk pemasaran San & I Doll. Selain melalui Facebook, Instagram dan tokopedia pemasaran boneka flannel juga terjun langsung ke universitas-universitas yang sedang melaksanakan wisuda dimana kedua owner tersebut terjun langsung dalam pemasaran produk uniknya tersebut. Kelihatannya sepele, namun San & I Doll mampu merangkup angka Rp 18.000.000 pada musim wisuda. Jika diluar hari wisuda, San & I Doll angka yang di rangkup bekisar Rp 7000.0000 dalam sebulan.

Peluang yang di baca oleh kakak-beradik ini menjadi sebuah kreatifitas yang mampu mencetak uang melalui tangan-tangan mereka. Bermula dari ‘iseng’ dan juga memiliki kreativitas membuat hobi yang di bayar orang banyak.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

KOMENTAR

BACA JUGA