Tips Menjadi Orang Kreatif

Tips Menjadi Orang Kreatif

Seseorang membutuhkan pola pikir kreatif untuk menjawab berbagai permasalahan dalam hidupnya. Sebab berpikir kreatif berarti kamu harus menemukan  cara-cara baru yang lebih baik untuk mengerjakan suatu hal. Menjadi kreatif menuntut kamu untuk menemukan cara baru untuk dapat memecahkan suatu masalah.
Berikut adalah Hal-hal Yang Bisa Membuat kamu Kreatif
1. Membaca
Banyak hal yang bisa kamu peroleh dari membaca. Selain mendapat informasi baru, membaca juga dapat merangsang otak untuk berpikir logika, rasional, dan kreatif. Membaca buku akan membuat otak menjadi fokus dan konsentrasi. Hal ini membantu dalam mengembangkan keterampilan objektivitas, dan mempengaruhi kemampuan untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

2. Memainkan alat musik
Memainkan ataupun mendengarkan musik bisa membuat mood seseorang menjadi lebih baik dan bahagia. Memainkan musik akan membuat perasaan orang lebih tenang, kreatif, dan berpikir cerdas. Selain itu, menurut penelitian, seseorang yang menyukai jenis musik seperti jazz, klasik, dan indie, dipercaya adalah orang yang memiliki pribadi yang cerdas, kreatif, bisa menempatkan diri di segala tempat, dan mampu menikmati hidup mereka dengan dengan sangat baik.

3. Berolahraga
Olahraga  memang diketahui baik untuk kesehatan seseorang. Berolahraga membuat paru-paru tubuh terisi oleh udara segar melalui pernapasan, sehingga memberikan kehidupan yang lebih sehat untuk sel-sel darah di dalam tubuh.

Berolahraga juga menjadi salah satu cara untuk menjaga fungsi otak dan meningkatkan perkembangan fungsional panca indra seseorang. Para ilmuwan dari University of Kansas melakukan penelitian mengenai manfaat olahraga untuk fungsi kognitif di otak. Penelitian ini diterbitkan di jurnal PLOS ONE. Penelitian ini membuktikan bahwa berolahraga secara rutin mampu memberikan efek postif pada peningkatan fungsi kognitif.

4. Menari
Mempelajari dan menghafal gerakan-gerakan baru saat menari juga dapat meningkatkan kecerdasan otak. Dalam New England Journal of Medicine disebutkan, menari adalah bentuk aktivitas rekreasi yang dapat menurunkan risiko bebeapa penyakit yang berhubungan dengan fungsi otak, seperti depresi, demensia dan alzheimer. Menari juga mengintegrasikan beberapa fungsi otak sekaligus, sehingga meningkatkan konektivitas saraf pada otak, karena secara bersamaan melibatkan kinestetik, rasional, kepekaan akan musik, dan proses emosional.

5. Melakukan pekerjaan seni
Banyak orang mengaku menyukai seni karena keindahannya. Seni berhubungan dengan kreatif. Seseorang yang menyukai seni akan lebih berpikir kreatif dan menghasilkan sebuah karya dengan pola pikir yang ia miliki. Seni memiliki banyak bentuk, mulai dari seni daur ulang, merangkai bunga, melukis, dan lain sebagainya.

6. Memainkan Teka-teki silang
Bermain teka-teki silang akan membuat otak seseorang berpikir dan mengingat. Dengan melatih otak dengan berpikir, maka pola pikir pun akan berkembang dan mempertajam daya ingat seseorang.

7. Bermeditasi atau yoga
Yoga berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “Persatuan antara pikiran dan tubuh”. Yoga adalah ilmu yang memungkinkan seseorang menjalani kehidupan yang harmonis melalui pengendalian pikiran dan tubuh. Bermeditasi atau yoga akan membuat kamu fokus dan berkonsentrasi. Hal ini baik untuk melatih kekuatan memori dan menghindarkan diri dari stres.***(CM-Ist/Hindah Sumaiyah)

KOMENTAR

BACA JUGA