Wisata Halal di Singapura bagi Muslim Indonesia

Singapura, yang mendapat penghargaan sebagai negara yang wajib dikunjungi versi Lonely Planet’s Best in Travel 2015, terus memperkuat posisinya sebagai tujuan berlibur bagi seluruh wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, Singapura (untuk Negara yang bukan termasuk anggota Organisasi Kerjasama Islam) juga berhasil menduduki posisi atas dalam Master Card Crescent Rating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2015, yang menjadikan Singapura sebagai salah satu destinasi wisata Muslim terbaik di dunia.

Wisata Halal Di Singapura Bagi Muslim Indonesia
Wisata Halal Di Singapura Bagi Muslim Indonesia

Singapura dikenal sebagai sebuah negara yang memiliki keragaman dan merupakan negara dengan populasi 5,47 juta orang dari berbagai kelompok etnis, yaitu Cina (74,2%), Melayu (13,3%), India (9,2%) dan Eurasian dan lainnya (mencapai angka 3,3%).

Wisata Halal Di Singapura Bagi Muslim Indonesia
Panduan Wisata Halal oleh Raymond Lim, Deputy Director International Marketing STB dan Michele Wooi Shen-li, Area Director STB untuk Indonesia Juga Berbuka Puasa Bersama di Grand Aston City Hall, Medan  . Senin (29/06)

Edward Koh, Executive Director Southeast Asia, Singapore Tourism Board (STB) menyatakan, “Kami merasa sangat terhormat dengan hasil survei ini. Warisan keanekaragaman sejarah Singapura dapat ditemukan dalam banyak bidang, seperti masakan, arsitektur dan seni. Kami juga menyediakan berbagai pilihan fasilitas dan bersantap yang halal, yang tentunya semakin mendukung kami sebagai salah satu tujuan yang menarik bagi para wisatawan Muslim.”

Untuk memberikan para wisatawan Muslim dengan pengalaman dan kenyamanan, STB telah menyusun panduan wisata halal bagi para wisatawan Muslim dari Indonesia. “Sehubungan dengan perayaan hari kemerdekaan kami yang ke-50 di tahun ini, kami akan melanjutkan kerja sama yang baik dengan para pemangku kepentingan dalam industri pariwisata, untuk memberikan penawaran yang berkualitas dan pengalaman yang tak terlupakan sebagai salah satu bentuk penghargaan bagi para pengunjung dari berbagai penjuru dunia,” kata Edward.

Kriteria dalam survei GMTI ini meliputi berbagai macam faktor meliputi kecocokan sebagai tempat berlibur bersama keluarga bagi keluarga Muslim, tingkat pelayanan bagi wisatawan Muslim, ketersediaan fasilitas bagi wisatawan Muslim, pilihan akomodasi yang baik, jumlah kedatangan wisatawan Muslim, pilihan menu dan makanan halal, dan masih banyak kriteria lainnya. Singapura menduduki tujuan utama bagi wisatawan muslim dari seluruh dunia meskipun Singapura bukan anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Hal ini karena Singapura memiliki banyak fasilitas bagi wisatawan Muslim seperti pilihan makanan halal, fasilitas yang cukup mudah ditemui bagi para wisatawan Muslim seperti masjid dan ruangan untuk sholat, termasuk juga Badan Sertifikasi Halal yang dimiliki oleh negara tersebut.

Menyadari bahwa sektor pariwisata Muslim ini merupakan salah satu industri pariwisata yang terus bertumbuh, Michele Wooi, Area Director of Indonesia, Singapore Tourism Board menyatakan, “Singapura memiliki banyak penawaran bagi para wisatawan Muslim dan untuk membuktikannya, kami telah menyusun sebuah panduan wisata halal bagi para wisatawan Muslim untuk memberikan informasi yang lebih, mengenai tempat-tempat di Singapura yang sangat ramah bagi para wisatawan Muslim, termasuk tempat-tempat yang terkait dengan sejarah Islam. Sebagai tempat yang aman untuk liburan bersama keluarga, Singapura juga memiliki tujuan tempat yang nyaman untuk menemukan makanan dan minuman halal dan cukup mudah untuk menemukan tempat untuk menunaikan ibadah sholat di berbagai tempat di Singapura. Keanekaragaman kelompok etnis memberikan pilihan yang semakin banyak bagi makanan halal yang dapat dinikmati para wisatawan Muslim. Wisata kuliner dapat dimulai dari wilayah Kampong Glam dan Arab Street, kemudian meluas ke daerah Little India dan juga tujuan berbelanja utama di Orchard Road, dan kawasan lainnya. Tempat sholat dan makanan halal juga cukup mudah ditemukan di tempat atraksi yang cukup terkenal seperti Gardens by the Bay, Sentosa, dan lainnya.”

Tahun lalu, pasar wisatawan Muslim mencapai senilai US$145 miliar, dengan jumlah 108 juta wisatawan Muslim yang merepresentasikan 10 persen dari total perekonomian pariwisata dunia.

Ketika mengunjungi dan menikmati Singapura sebagai salah satu tujuan berlibur termasuk atraksi kelas dunia, belanja dan pilihan makanan, para wisatawan Muslim juga dapat dengan mudah menemukan restoran yang menyajikan menu halal dan memiliki sertifikat halal di berbagai wilayah di Singapura. Mereka juga cukup mudah menemukan tempat untuk menunaikan ibadah sholat sehingga bisa menunaikannya sebanyak lima kali dalam sehari. Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi bagi para wisatawan muslim ketika mengunjungi Singapura:

1. Makanan Halal

Singapura menawarkan banyak pilihan restoran dan kafe yang menyajikan menu makanan halal bagi para wisatawan Muslim. Dari berbagai pilihan yang ada, yang menjadi favorit dan terkenal bagi para wisatawan Muslim adalah wilayah di sekitaran Arab Street–North Bridge Road–Beach Road. Berbagai jenis makanan halal dari berbagai kelompok etnis dan tradisi mudah ditemukan di Singapura, mulai dari jenis makanan lokal Singapura, makanan Barat dan juga makanan modern. Setelah menikmati sajian makanan halal, para wisatawan muslim juga dapat berbelanja di wilayah Haji Lane atau dapat menelusuri Kampong Glam dan mengunjungi Malay Heritage Museum.

Area yang terkenal dengan menu makanan dan hiburan di area Clarke Quay dan Boat Quay juga menawarkan restoran dengan pilihan menu halal dengan sertifikat halal. Selain itu, untuk wisatawan Muslim yang gemar berbelanja di Chinatown, Little India, Orchard Road atau Marina Bay Sands, telah tersedia kafe dan tempat makan dengan pilihan menu halal.

2. Tempat untuk Sholat

Terletak di Arab Street, Masjid Sultan merupakan salah satu masjid yang paling terkenal di Singapura dan merupakan salah satu bangunan agama yang paling impresif. Masjid ini merupakan pusat pertemuan komunitas Muslim sejak dulu. Selama bulan Ramadhan, bulan puasa bagi umat Muslim, para wisatawan Muslim dapat menikmati pasar malam di area tersebut dan menemukan banyak pedagang di sana. Secara keseluruhan, Singapura memiliki 53 masjid yang tersebar di berbagai wilayah (detail ada di dalam buklet).

Bagi para wisatawan Muslim yang ingin menunaikan ibadah sholat, Singapura memiliki banyak tempat yang mampu mengakomodasi kebutuhan ini. Sebagai contoh, tujuan atraksi yang cukup terkenal bagi Singapura, yaitu Resort World Sentosa juga menyediakan berbagai tempat untuk menunaikan ibadah sholat di Universal Studios Singapore, Sentosa juga memiliki fasilitas di Beach Station dan Sentosa Ranger Station. Para wisatawan muslim juga dapat menikmati atraksi tanpa meninggalkan kewajiban mereka untuk menunaikan ibadah sholat selama lima kali sehari.

Selama tahun 2014, 3,023 juta kunjungan dilakukan oleh orang Indonesia ke Singapura. Angka tersebut menjadikan Indonesia negara dengan jumlah kunjungan terbanyak ke Singapura. Medan menempati urutan ketiga setelah Jakarta dan Surabaya sebagai kota di Indonesia dengan kunjungan tertinggi ke Singapura pada 2014. “Kami harap semakin banyak wisatawan dari Medan mengunjungi Singapura. Kami juga mengundang mereka semua untuk memanfaatkan promosi Golden Jubilee dan menikmati pengalaman dan penawaran yang tersedia di Singapura tahun ini,” tutup Ms. Wooi.

Sekian Panduan Wisata Halal Di Singapura Bagi Muslim Indonesia Oleh Singapore Tourism Board.

KOMENTAR

BACA JUGA