Wisata Heritage di Lonsum Medan

Lonsum Medan – Medan telah lama menjadi kota besar dan menjadi pusat perdagangan di masa lalu. Keberadaan kota Medan yang sangat strategis dan terbelah oleh sungai besar membuat arus trasportasi di masa lalu sangat mudah menjangkaunya.

Kemegahan kota Medan sudah terbangun ketika bangsa Belanda mulai menduduki Indonesia. Kawasan yang sekarang menjadi pusat pemerintahan dahulunya juga menjadi pusat pemerintahan juga. Gedung-gedung di sana telah dibangun sejak tahun 1590 dan terus berkembang pada abad ke-20 di mana indsutri perkebunan di Sumatera Utara mengalami peningkatan. Karena sudah dibangun pada zaman penjajahan, tak heran jika banyak sekali bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Wisata Heritage di Lonsum Medan

Bangunan tua itu sampai sekarang tetap kokoh berdiri dan bahkan tetap digunakan sebagaimana mestinya. Salah satu bangunan peninggalan Belanda yang memiliki daya tarik kuat adalah bangunan London-Sumatera atau biasa dikenal dengan gedung Lonsum Medan.

Lonsum Medan Lokasi Tepat Berwisata Heritage

Bangunan London-Sumatera atau lebih dikenal dengan Lonsum Medan, merupakan salah satu bangunan peninggalan Inggris. Dibangun oleh David Harrison, seorang pemilik tanah perkebunan karet. Bangunan itu selesai dibangun pada tahun 1906 dan diberi nama gedung Juliana karena bertepatan dengan kelahiran puteri Juliana. Gedung itu digunakan sebagai kantor dari Harrison and Crrossfield atau dikenal dengan singkatan H & C sebuah perusahaan karet. Perusahaan itu menangani perdagangan karet dengan yang berpusat di kota London.

Nama London-Sumatera (Lonsum Medan) dipakai setelah kemerdekaan Republik Indonesia didapatkan. Setelah kemerdekaan itu kepemilikan gedung dengan arsitektur khas Eropa ini berpindah tangan dan berganti nama Lonsum sampai sekarang. Setelah berpindah tangan gedung yang masuk ke dalam salah satu warisan budaya ini menjadi pusat perkantoran hingga sekarang.

Fakta Wisata Heritage di Lonsum Medan

Ada beberapa fakta untuk dari gedung tersebut sehingga patut dijadikan tempat berwisata heritage ke Medan. Yaitu gedung tersebut adalah gedung pertama yang menggunakan teknologi lift di Medan. Sehingga di masa penjajahan, untuk mencapai lantai lima yaitu lantai tertinggi tidak perlu menaiki tangga. Dan ada satu hal lagi yang begitu mengejutkan semua orang. Gaya arsitektur di gedung Lonsum ini ditiru dalam membangun kantor pusat Harrisons and Crossfiled Plc yang berpusat di kota London. Tak heran jika gedung tersebut menjadi incaran para fotografer untuk menghasilkan foto-foto yang diminati juga tentunya karena hasil fotonya akan sangat indah dan serasa bukan di Indonesia melainkan di Eropa.

Gedung Lonsum Medan ini terletak di Jl. Ahmad Yani Kecamatan Medan Barat, Medan. Dengan melihat nama jalannya saja pasti kita sudah tahu bahwa gedung tersebut berada di kawasan tengah kota sehingga akan sangat mudah dijangkau oleh semua wisatawan. Kawasan berdirinya Lonsum bisa dikatakan sebagai kawasan kota tua karena banyak sekali gedung tua di sana. Sebut saja ada Kantor Pos Medan, hotel peninggalan Belanda dan ada gedung Jakarta Lloyd. Jadi kalau mau merasakan atmosfer lain ketika berlibur ke Medan, berkunjunglah ke Lonsum Medan.

KOMENTAR

BACA JUGA