Wisata Heritage di Bank Indonesia Medan

Wisata Heritage di Bank Indonesia Medan – Bangunan gedung Bank Indonesia Medan pasti menjadi salah satu bagian dari destinasi wisata heritage di kota Medan. Ya, semua orang pasti sudah tahu bangunan bersejarah yang kini menjadi kantor pusat Bank Indonesia wilayah Medan ini.

Bangunan dengan gaya arsitektur khas Eropa membuat orang yang datang ke sana merasakan atmosfer lain. Apalagi kalau datang malam hari, bangunan yang disorot langsung oleh lampu-lampu di sekelilingnya akan membuat siapa saja seperti berada di negara Eropa dan bukan berada di kota Medan. Jadi tak heran jika bangunan satu ini menjadi primadona bagi penikmat wisata heritage di Medan selain beberapa bangunan bersejarah lainnya.

Wisata Heritage di Bank Indonesia Medan
foto: antatour.com

Sejarah Bangunan Bank Indonesia Medan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bangunan Bank Indonesia Medan ini merupakan bangun peninggalan pemerintahan Belanda yang kalah ketika peperangan. Dalam sejarahnya bangunan itu didirikan pada tahun 1906 yang mana pembangunannya ditangani oleh perusahaan arsitek asal Belanda tapi berkantor di Jakarta (saat itu namanya masih Batavia). Arsitek yang merancang bangunan unik ini adalah Hulswit, Fermost dan Cuypers. Pembangunannya selesai dalam waktu satu tahun. Tepat di tahun 1907 bangunan yang digunakan sebagai pusat perbankan Belanda dengan nama De Javasche Bank Medan ini resmi dioperasikan yang mana pada awal berdirinya dipimpin oleh L. Vonhemert. Semenjak berdirinya sampai kekalahan Belanda, bangunan itu berfungsi sebagai pusat Bank Belanda.
Nama Bank Indonesia Medan diresmikan ketika kemerdekaan Indonesia sudah diraih dengan susah payah. Tepat 6 tahun setelah kemerdekaan Indonesia tepatnya pada tahun 1951, seluruh bangunan peninggalan Belanda di nasionalisasikan oleh bapak presiden Republik Indonesia yang pertama Soekarno. Seluruh aset peninggalan Belanda diambil alih dan dijadikan milik negara. Termasuk dengan bangunan gedung Bank Belanda yang ada di seluruh tanah air, salah satunya bangunan bank Belanda di Medan ini. Maka tak heran jika cabang Bank Indonesia di berbagai wilayah Indonesia memiliki bangunan yang cukup unik. Ternyata bangunan itu merupakan peninggalan pemerintah Belanda dan masih kokoh sampai sekarang.

 

Bank Indonesia Medan yang beralamatkan di Jl. Balai Kota No. 04, Medan ini sampai sekarang masih kokoh berdiri dan terawat dengan baik. Perbaikan besar pernah terjadi pada tahun 2000 di mana pada saat itu kubah yang pada tahun 1956 dihilangkan kembali dipasang. Sayangnya jam besar asli Belanda yang ada di dalamnya hilang entah ke mana. Jam besar itu kini diubah menjadi logo Bank Indonesia yang lumayan besar.

Meskipun sudah mengalami renovasi, tapi jangan khawatir karena tidak ada yang berubah dari bangunan itu. Bahkan dibuat se-original mungkin seperti sedia kala dengan mengembalikan kubah yang pernah dihilangkan. Ingin berwisata heritage di Medan, jangan lupakan Bank Indonesia Medan tentunya.

KOMENTAR

BACA JUGA